Channel Pers

Penerima BLT-DD Cendana Hijau Dikurangi, Ini Alasannya



Channelpers.com, Luwu Timur -Pemerintah Desa Cendana Hijau, Kecamatan Wotu menggelar Musyawarah Desa Khusus untuk menentukan Penerima Bantuan Tunai Langsung Dana Desa (BLT-DD) Tahun Anggaran 2023 di Aula Serbaguna Desa Cendana Hijau, Rabu, (18/1/23).


Ketua BPD Desa Cendana Hijau dalam membuka acara berharap kepala dusun untuk benar-benar mengusulkan warganya yang betul-betul layak sesuai kategori penerima BLT-DD tahun 2023.


"Kami yang Akan mengesahkan keputuskan hasil rapat ini, siapa nama-nama penerimanya, kita ketahui bahwa hal ini sangat rawan, terlebih lagi adanya pengurangan penerima. Tentu kami harapkan kepala dusun jeli mendaftarkan nama-nama warga penerima BLT", harap Cecep Jayawinata (Ketua BPD)


Kepala Desa Cendana Hijau, Jajang Jayawinata dalam sambutannya menyampaikan bahwa di tahun 2023 penerima BLT-DD berkurang, karna sesuai aturan yang ada di tahun ini pengunaan dana desa yang bisa di alokasikan untuk BLT 25%.


"Ada pengurangan penerima yang tadinya 92 penerima sekarang turun drastis. Dalam hal ini tentu kita mengacu pada juknis yang ada", ungkapnya


"Untuk menentukan siapa yang berhak menerima sudah ada ketentuannya yaitu miskin ekstrem. Dalam hal ini ketua RT sebenarnya lebih mengetahui keadaan warganya. Saya harap yang masuk nama-nama penerima nanti yang lebih layak sehingga tidak ada protes dari warga lain", lanjut  Kades



Sementara itu, Sekretaris Desa Cendana Hijau, Kusuma Adinata menjelaskan dalam penggunaan Dana Desa Sudah memiliki juknis alokasi anggaran. Sehingga dalam alokasi dana desa untuk BLT maksimal 25% penggunaannya tahun 2023 ini.


"Anggaran ini untuk pengetasan kemiskinan ekstrem, dimana anggaran yang bisa di alokasikan maksimal sebesar 25% dimana dari persennya nominal yang bisa di alokasikan sebesar Rp.182.000.000. Jadi bila perbulannya 1 orang penerima mendapatkan Rp.300.000 maka yang bisa di berikan cuma kepada 50 orang itu maksimal", ujarnya


"Sedangkan tahun kemarin penerima berjumlah 92 orang, dengan penerima yang bisa diberikan tahun ini  berjumlah 50 orang jadi penerima turun drastis. Kami harap dalam penentuan penerima kita sepakati bersama terlebih dahulu kategori penerima", lanjut Kusuma.


Rapat Musyawarah Khusus Penentuan Penerima BLT-DD Tahun Anggaran 2023 di hadiri oleh, Kepala Desa Cendana Hijau, Ketua BPD beserta Anggota, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Dusun, Ketua RT, dan tokoh masyarakat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama