Channel Pers

Penyerahan SHU BUMDes Sejahtra Cendana Hijau, Berikut Jumlah Pendapatan di Tahun 2022


Channelpers.com, Luwu Timur -RAT Tahun 2022, BUMDes Mandiri Sejahtra Desa Cendana Hijau, menyerahkan Pembagian Hasil Usaha Tahun 2022 Kepada Kepala Desa Cendana Hijau di Dalam Kegiatan RAT Tahun 2022, Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Desa Cendana Hijau, Kecamatan Wotu, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Kamis, (5/1/23).

Dalam Sambutannya Kepala Desa Cendana Hijau, Jajang Jayawinata Berharap dengan adanya pengurus baru BUMDes dapat meningkatkan hasil pendapatan dengan usaha yang akan dibangun dengan anggaran yang ada.

"Dengan ada pengurus BUMDes yang baru lebih giat untuk meningkatkan hasil usaha. Kedepan belum tentu anggaran desa masih ada, dengan adanya hasil dari Badan Usaha ini kedepan dapat menopang pembangunan Desa". Harapnya

Ia menambahkan, Usaha yang dijalankan BUMDes harus lebih memberdayakan masyarakat desa dan dirasakan mampaatnya oleh masyarakat Desa Cendana Hijau.

"Kami harap program BUMDes dan usaha yang di jalankan kiranya mampu dirasakan oleh warga kita, itu sangat kami harapkan dan sejalan dengan program visi dan misi kami", pungkas Jajang

Sementara itu, Ketua BPD sekaligus membuka kegiatan memaklumi hasil dari usaha BUMDes dengan adanya pergantian pengurus dan melandanya pandemi covid19.

"Tentu kami dari BPD Memaklumi hasil BUMDes yang tidak Signifikan, karna diakibatkan pandemi covid19 yang melanda. Kami harap Pengurus BUMDes harus proaktif memajukan usahanya kedepan untuk menopang pembangunan desa", ungkapnya.

Gusrina Selaku Deriktur BUMDes Sejahtra yang baru memaparkan Pendapatan BUMDes di tahun 2022.

"Pendapatan BUMDes sebesar Rp.5.229.000 dimana dikurangi dengan dana pengembangan sebesar Rp.984.372. Sehingga total pendapatan menjadi Rp.4.244.628. Dari hasil tersebut dikurangi lagi pajak sebesar 12,5%, sehingga total pendapatan di tahun 2022 setelah di kurangi pajak menjadi Rp.3.714.050", paparnya.

Gusrina merincikan pula Pembagian SHU Berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Setelah itu penyerahan SHU langsung dilaksanakan di hadapan BPD, Kepala Dusun serta Tokoh Masyarakat yang hadir dalam rapat RAT BUMDes Sejahtra.

Selama ini BUMDes Sejahtra Bergerak di Bidang Usaha Penyewaan Tenda, Kursi dan Warkop. Program BUMDesa Sejahtra Desa Cendana Hijau untuk mengembangkan hasil usaha akan membuka Toko Bangunan di Tahun 2023 ini. Hal tersebut sangat di respon baik oleh Kepala Desa Cendana Hijau.

Lap: rdn / channelpers



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama