Channel Pers

Kejar Target, Dinas Dukcapil Lutim Lakukan Registrasi IKD di Instansi Vertikal



Channelpers.com, Luwu Timur -Guna meningkatkan penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kabupaten Luwu Timur, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus melakukan pelayanan langsung atau jemput bola dengan mendatangi masyarakat.


Namun, khusus untuk kali ini, Tim Disdukcapil mengunjungi instansi-instansi vertikal yang ada di Kabupaten Luwu Timur yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU), PDAM, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Badan Pusat Statistik (BPS), ATR/BPN Lutim, dan Polres Lutim.


Sekretaris Dinas Dukcapil Lutim, Hj. Nairawaty saat dikonfirmasi, Rabu (01/03/2023), mengucapkan terima kasih atas dukungan dan penyambutannya yang hangat dari pihak instansi vertikal yang telah didatangi.


"Saat tim kami datang, mereka menyambut kami dengan baik, dan itu membuat kami bersemangat untuk melakukan pelayanan registrasi Digital ID ditempat mereka," ujar Sekdis Capil, didampingi Kepala Bidang PIAK, Sukmawaty Syam.


Ia juga mengutarakan bahwa, pelayanan yang dilakukan dengan mengunjungi langsung instansi-instansi vertikal yang ada di Kabupaten Luwu Timur, tidak lain agar target yang ingin dicapai dapat secepatnya terwujud.


"Alhamdulillah, dengan adanya pelayanan tersebut, kini total yang sudah melakukan registrasi ialah 1.700 orang dari 53.000 orang terget yang diberikan oleh Ditjen Dukcapil," jelas Nairawaty.


Sementara Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Lutim, Hastuty juga mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim Dukcapil Lutim di kantornya dalam rangka melakukan pelayanan Registrasi Digital ID.


Menurutnya, IKD adalah inovasi luar biasa dari Dukcapil, semua menjadi mudah hanya melalui telepon genggam.


"Dengan adanya Digital ID ini, banyak manfaat yang diberikan, salah satunya mempermudah akses data diri dan anggota keluarga tanpa perlu membawa KTP. Selain manfaat, hal-hal yang dikhawatirkan selama ini terkait pemalsuan data kependudukan tentunya bisa dihindari dengan melakukan registrasi. Dan Proses aktivasinya pun sangat cepat," tutup Hastuty.


Senada dengan Hastuty, Paur Watpers Bag. SDM Polres Luwu Timur, IPTU Awaluddin, SH. juga menyambut baik dengan ada sosialisasi dan kegiatan registrasi Digital ID yang dilakukan oleh Disdukcapil Lutim.


"Terima kasih kami ucapkan kepada Tim Dukcapil Lutim telah memudahkan kami karena tidak perlu lagi datang mengurus ke Dinas Dukcapil tapi Dinas Dukcapil lah yang mendatangi Polres," tuturnya.


Sekedar diketahui bersama, manfaat identitas kependudukan digital (IKD) atau Digital.id ialah untuk menghindari terjadinya pemalsuan data kependudukan. Sebab KTP merupakan identitas resmi seorang penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan instansi pelaksana dan berlaku di seluruh wilayah Negara Indonesia. (rhj/ikp-humas/kominfo-sp)




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama