Channel Pers

Silaturahmi Bersama Tomas dan Mahasiswa, Budiman Paparkan Sejumlah Capaian dan Prestasi

Silaturahmi Bersama Tomas dan Mahasiswa, Budiman Paparkan Sejumlah Capaian dan Prestasi


Channelpers.com, Luwu Timur -Bupati Luwu Timur, H. Budiman menghadiri acara silaturahmi dengan PT. Vale Indonesia, Mahasiswa dan Tokoh masyarakat (Tomas) Luwu Timur, yang diinisiasi oleh Kerukunan Keluarga Luwu Timur (KKLT) dalam rangkaian bulan suci ramadhan di D'Maleo Hotel Makassar, Kamis (14/04/2023).


Dalam sambutannya, Bupati Luwu Timur H. Budiman sangat menyambut baik serta mengapresiasi kegiatan ini, dirinya mengaku bangga dan bersyukur dapat berkumpul bersama mahasiswa dan tokoh masyarakat Luwu Timur.


Bupati H. Budiman menilai, acara silaturahmi tersebut adalah salah satu kegiatan penting untuk dilakukan dalam rangka mewujudkan pembangunan sesuai visi Kabupaten Luwu Timur Berkelanjutan dan Lebih Maju.


Dalam kesempatan tersebut, dihadapan ratusan mahasiswa dan para tokoh masyarakat, Bupati H. Budiman banyak menyampaikan informasi terkait capaian dan prestasi dibawah kepemimpinan dirinya diantaranya perkembangan APBD selama periode tahun 2020 sampai dengan 2023 yang terus mengalami peningkatan.


"Dari tahun 2020 hanya sebesar 1,4 Triliun lebih, kini meningkat mencapai 1,7 Triliun lebih ditahun 2023 ini, capaian positif ini juga menempatkan Kabupaten Luwu Timur sebagai satu-satunya daerah di Sulsel yang meraih penghargaan APBD Award 2023 peringkat V atas realisasi Pendapatan Tertinggi, Belanja Daerah Tertinggi dan Peningkatan PAD tertinggi APBD tahun 2022," kata Bupati.


Selanjutnya, dalam capaian program, Bupati menjelaskan bahwa Capaian Indikator Makro Kabupaten Luwu Timur tahun 2022 dimana pertumbuhan ekonomi ditahun tersebut tumbuh positif dengan capaian 1,99% dengan capaian PDRB perkapita pada tahun 2022 sebesar 92,98 juta/jiwa.


"Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga mengalami peningkatan dari 73,34% menjadi 73,92% begitupun dengan Tingkat Kemiskinan yang semakin menurun dari 6,94,% menjadi 6,81%," bebernya.


Kemudian, Bupati menginformasikan berbagai prestasi yang sudah dilakukan selama 2021. Ia merinci beberapa di antaranya, pemberian Opini BPK terhadap Kinerja Keuangan Tahun 2021 dengan predikat WTP yang ke 10 dari BPK RI Sulsel, kemudian penghargaan piala Adipura, Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat kategori Swasti Saba Wistara, Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Utama, dan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama, Penghargaan Anugerah Fesa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Penghargaan Universal Health Coverage untuk kedua kalinya dan yang terbaru Penghargaan PPKM Award atas pengendalian Covid 19.


Selain itu, Bupati juga menyampaikan capaian program unggulan yang dilaksanakan pada tahun 2022. Di antaranya, realisasi Bantuan Keuangan Khusus (BKK) 1 Miliar 1 Desa dari 124 desa telah terealisasi anggaran sebesar Rp. 119 Miliar lebih.


Program bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu tahun 2022 lalu terealisasi sebanyak 635 beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu dan 5.637 mahasiswa berprestasi serta 24 orang penerima bantuan penyelesaian studi jenjang S2/S3 dengan total realisasi anggaran mencapai Rp. 24,8 miliar lebih.


"Kemudian pembangunan Islamic Centre, dimana pada tahun 2022 telah dimulai tahap I pembangunannya dengan total realisasi anggaran sebesar 14 M lebih," imbuh H. Budiman.


Selanjutnya di bidang keagamaan, juga telah diberikan bantuan hibah bagi pembangunan atau renovasi rumah ibadah sebanyak 132 rumah ibadah dengan realisasi anggaran mencapai Rp. 20 M lebih.


Dari sisi infrastruktur, dalam kurun waktu 2021 dan 2022 telah terealisasi pembangunan jalan 17,50 KM jalan aspal, 10,94 KM jalan beton, 104,76 KM jalan kerikil dan 43,03 KM jalan lingkungan dengan total realisasi anggaran Rp. 148 Miliar lebih sementara pemeliharaan/rehabilitas jalan terealisasi sepanjang 10,36 KM dengan total realisasi anggaran sebesar 3 Miliar lebih.


“Semua keberhasilan pembangunan yang dicapai, tak lepas dari dukungan segenap anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur, serta partisipasi dari masyarakat Kabupaten Luwu Timur, saya berharap keberhasilan pelaksanaan pembangunan ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi kemajuan daerah dan peningkatan taraf hidup masyarakat,” ungkap Bupati.


Meski beberapa program prioritas telah terealisasi namun dirinya menyadari masih banyak lagi program lainnya yang belum dan sementara berjalan, 

"Olehnya itu saya kembali mengharapkan dukungan dan kolaborasi dari semua pihak untuk mewujudkan semua program yang telah direncanakan bersama," kata Bupati menutup sambutannya.


Dalam gelaran silaturahmi tersebut sejumlah tokoh Luwu Timur tampak hadir diantaranya Ketua KKLT, Prof. drg. Mansyur Nasir, H. Majid Thahir, Guru Besar UNM, Prof. Dr. Jasruddin, Ketua KKLR, H. Hasbi Syamsu Ali, Mantan Wakil Bupati Luwu Timur, H. Saldy Mansyur.


Tampak hadir pula, Wakil Ketua I dan II DPRD Luwu Timur, HM. Siddiq, BM. dan H. Usman Sadik, sejumlah Anggota DPRD Luwu Timur, Wakil Bupati Luwu Timur terpilih Andi Akbar Fahri Laluasa, Sekda Luwu Timur, H. Bahri Suli, Ketua TP PKK Luwu Timur, Hj. Sufriaty, Direktur Eksternal PT. Vale Indonesia, Endra Kusuma dan sejumlah undangan lainnya. (op/prokopim/ikp-humas/kominfo-sp)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama