Channel Pers

Asisten Administrasi Umum Buka Rapat Koordinasi Forum Germas Tingkat Kabupaten Lutim



Channelpers.com, Luwu Timur -Asisten Administrasi Umum, Nursih Hariani, mewakili Bupati Lutim, didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr. Adnan D. Kasim, dan Narasumber dari Dinkes Provinsi Sulsel, Wahidin Rahima, membuka rapat Koordinasi Forum Generasi Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tingkat Kabupaten Lutim di Aula Pertemuan Bapelitbangda, Senin (14/8/2023).


Pada kesempatan itu, Asisten Administrasi Umum, Nursih Hariani menyampaikan bahwa, gerakan masyarakat hidup sehat merupakan salah satu upaya promotif-preventif yang dilakukan melalui pendekatan multi sektor.


"Tujuan umum dari gerakan masyarakat hidup sehat ialah menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecatatan serta menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit," jelasnya.


Olehnya itu, lanjut Nursih, dalam menetapkan kebijakan dan mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat, instruksi presiden dapat diikuti dengan penetapan peraturan daerah atau peraturan Gubernur/Bupati/Walikota sampai dengan regulasi di tingkat desa untuk pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat di daerah.


"Masing-masing kementerian/lembaga juga dapat menyusun regulasi teknis pelaksanaan kegiatan apabila diperlukan. untuk meningkatkan efektifitas gerakan, dalam kerangka perencanaan dan penganggaran di kementerian/lembaga dan dana transfer ke daerah, gerakan masyarakat sehat dapat diintegrasikan dalam rencana kerja pemerintah dan rencana kerja perangkat daerah," tutupnya.


Hadir pada kesempatan ini, Sekretaris Dinkes beserta seluruh jajaran serta 19 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait meliputi; Bagian Setdakab Lutim, Bapelitbangda, Disdikbus, Dinkes, PUPR, Perkimtan, Disnaker, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, DLH, Dishub, Diskominfo, Disdagkoprinum, Disparmudora, DPMD, BKPSDM, Badan Keuangan dan Aset Daerah, TP PKK Lutim, Kementrian Agama. (hel/ikp-humas/kominfo-sp)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama