Channel Pers

Ragam Seni Budaya Tersaji pada Road Show Kebudayaan di Kecamatan Nuha



Channelpers.com, Luwu Timur -Road Show Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke 78, berlanjut di Kecamatan Nuha, pada Selasa (15/08/2023) kemarin, tepatnya di Lapangan Iniaku Sorowako.


Acara Road Show Kebudayaan ini diikuti oleh 4 Desa, 1 Kelurahan, 8 Sekolah Dasar, 4 Sekolah Menengah Pertama, 4 Sekolah Menengah Atas, 5 Komunitas Masyarakat dan 3 Kerukunan Suku, dengan menampilkan seni budaya seperti Pencak silat, Tari Hio Miapinelangkai, dan Tari Momani Matano yang membuat para tamu undangan dan masyarakat sangat terhibur atas penampilan tersebut.


Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty Budiman, yang hadir langsung dalam acara ini disambut dengan iringan musik bambu dari Pemerintah Desa Nikkel saat membuka acara road show kebudayan menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang arti nilai keberagaman.


"Tujuan dari kegiatan ini, tidak hanya menampilkan keberagaman seni dan budaya tetapi hal ini dilakukan untuk mengirimkan pesan kepada masyarakat bahwa kita semua beragam, kita heterogen, saling asuh, saling asah dalam membangun Bumi Batara Guru yang beragam budaya dan menjadi tugas kita untuk merawat budaya kita dan terus melestarikannya kepada generasi penurus di daerah kita ini," kata Budiman.



Sementara itu, Camat Nuha, Hariadi Hamid menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada seluruh lapisan masyarakat yang ikut memeriahkan pergelaran road show kebudayaan di Kecamatan Nuha.


"Saya sangat bangga dan berterima kasih atas dukungan masyarakat yang tampil dalam road show kebudayaan yang digelar pada hari ini. Saya selaku pimpinan di Kecamatan Nuha mengharapkan setelah acara ini diadakan masyarakat mampu menggali potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, serta keragaman budaya yang ada di kecamatan Nuha,“ kata Hariadi.


“Partisipasi dan semangat masyarakat dari road show ini menampilkan berbagai macam adat tradisonal yang menandakan bhinneka tunggal ika, yang sejalan dengan program bapak Bupati Luwu Timur dalam membangun Kabupaten Luwu Timur yang berkelanjutan dan lebih maju berlandaskan nilai agama dan budaya," tandas Camat Nuha.


Selain road show kebudayaan, Kecamatan Nuha juga menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka menyambut HUT RI ke 78, antara lain ; Lomba Panahan, Lomba Futsal, Lomba Kasti, Lomba Cerdas Cermat, dan Lomba Pentas Seni Budaya serta para UMKM se Kecamatan Nuha ikut meramaikan dalam kegiatan tersebut.


Turut hadir, Unsur Forkopimda, Kepala OPD Lingkup Pemkab Lutim, Perwakilan PT. Vale Indonesia. Tbk, Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Nuha, Tokoh Adat, Agama, Pemuda dan masyarakat se Kecamatan Nuha. (res/ikp-humas/kominfo-sp)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama