Channel Pers

Sekda Lutim Terima Piala dan Piagam KLA Tahun 2023 Kategori Madya



Channelpers.com, Luwu Timur -Sekretaris Daerah Luwu Timur, H. Bahri Suli menerima Piala dan Piagam Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2023 kategori Madya yang diserahkan oleh Plt. Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI, Rini Handayani, pada perhelatan Puncak Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023 di Hotel Maxone Makassar, Selasa (15/08/2023).


Sebelumnya Pengumuman Penghargaan tersebut juga telah disaksikan secara virtual oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman dan Ketua TP PKK Luwu Timur, Hj. Sufriaty pada 22 Juli 2023 di Aula Rujab Bupati.


Puncak Perayaan HAN Sulawesi Selatan Tahun 2023 yang bertemakan "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" ini, juga dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman bersama Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI, Dr. H. Totok Imam Santoso, perwakilan Forkopimda Sulsel, perwakilan Bupati/Walikota se-Sulawesi Selatan, Dinas Provinsi terkait, Organisasi Wanita, perwakilan Forum Anak Provinsi & Kabupaten/Kota, perwakilan BUMN, BUMD Perbankan serta perwakilan pelajar TK, SD/SLB, SMP dan SMA Kota Makassar.


Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan HAN Sulsel 2023 sebagai bagian dari atensi pemerintah terkait pendidikan anak, perlindungan anak, pemenuhan hak anak dan pemberdayaan ibu dan anak.


"Terutama pada masalah stunting dan gizi buruk menjadi momok permasalahan disetiap wilayah di Indonesia. Kami bersama TNI Polri saling terlibat dalam menurunkan tingkat masalah stunting dan gizi buruk," ungkapnya.


Selain itu, lanjutnya, pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, jembatan, gedung sekolah, gedung rumah sakit yang terus bertambah sebagai bagian dalam peningkatan Sumber Daya Manusia sejak dini agar anak-anak kita menjadi Generasi handal di masa depan.


Dihadapan Plt. Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI,  

Rini Handayani, Andi Sudirman juga memberikan informasi terkait inovasi yang digagas yaitu program Smart School: Satu Standar, Satu Guru, Satu Sulsel yang menghadirkan sistem pembelajaran hybrid.


"Inovasi sistem Pembelajaran hybrid Provinsi Sulsel tersebut merupakan inovasi pertama yang dihadirkan oleh Pemerintah Provinsi di Indonesia sebagai wujud dalam mendorong sumber daya manusia (SDM)," terang Gubernur.


Kesempatan ini juga dimanfaatkan Gubernur Sulsel untuk memberikan penghargaan kepada 5 kabupaten atas Percepatan Penanganan Anak Tidak Sekolah Berbasis Aksi Kolaborasi, Penyerahan Buku Tabungan Emas kepada Siswa Berprestasi, serta Launching Perpustakaan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Masagena Sulawesi Selatan.


Turut hadir mendampingi Sekda Lutim, Kepala Bapelitbangda Luwu Timur, Dohri As'ari, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), Sukarti bersama jajaran.


Perwakilan Forum Anak Kab. Luwu Timur yakni M. Rijal (Siswa SMAN 1 Luwu Timur) dan Rizki Amalia (Siswi SMAN 7 Luwu Timur) mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan HAN SulSel Tahun 2023 sebagai suatu pengalaman berharga dan tidak akan mereka lupakan karena bisa ikut berinteraksi bersama teman-teman dari Forum anak kabupaten lainnya terutama sebagai pelopor dan pelapor yang mengacu kepada peran anak untuk berkontribusi aktif dalam berbagai upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di sekitarnya.


Momen puncak perayaan HAN Sulsel Tahun 2023 juga diisi dengan berbagai lomba permainan tradisonal, pertunjukan seni oleh siswa TK, SLB dan para pelajar peserta Forum Anak Provinsi Sulsel, Fun games dan Flash mob. (ul/prokopim/ikp-humas/kominfo-sp)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama