Channel Pers

Sufriaty Budiman Serahkan Bantuan Untuk Bayi Penderita Gizi Buruk di Malili



Channelpers.com, Luwu Timur -Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Hj. Sufriaty bersama Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, dr. April, mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada Bayi usia tiga bulan, penderita gizi buruk di Kelurahan Malili, Sabtu (26/8/2023).


Bayi bernama Rafael, adalah anak kedua dari ibunya dengan berinisial N yang menikah pada usia 16 Tahun. Oleh karena itu, Ketua TP PKK Lutim berpesan, agar para orang tua yang memiliki anak gadis untuk berupaya menghindari terjadinya pernikahan anak usia dini.


"Hal-hal seperti inilah yang harus dihindari. Bukan hanya akan menimbulkan dampak negatif pada ibunya tapi juga pada anaknya. Sehingga, perlu edukasi dan perhatian khusus," kata Sufriaty.


Melihat kondisi bayi tersebut, Sufriaty menyarankan, untuk segera membawanya ke Puskemas Malili dan dirujuk ke RSUD I Lagaligo agar dapat ditangani secara langsung.


"Buktinya, seperti keterangan yang disampaikan oleh N bahwa ia mengalami Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilakukan suaminya saat di Palu. Sehingga N memilih untuk kembali ke Luwu Timur pada 22 Agustus 2023 lalu, bersama Bayi Rafael," jelas Sufriaty.


Apalagi lanjut Sufriaty, N membeberkan, bahwa saat hamil dirinya tidak pernah memeriksakan diri ke Dokter kandungan atau pun Bidan karena tidak memiiki buku PINK sedangkan buku tersebut baru diperoleh saat melahirkan di salah satu Pustu di Palu.


Oleh karena itu, dengan adanya kasus tersebut, kata Sufriaty, tentunya Pemerintah Daerah langsung melakukan penanganan, selain membawanya ke Rumah Sakit. Pemda juga memberikan bantuan sembako dari Dinas Sosial P3A serta melakukan pemasangan Pompa air PDAM agar kebutuhan air bersih terpenuhi dengan baik.


"Kita berharap, kondisi Gizi buruk yang dialami bayi Rafael dapat tertangani dan sehat kembali. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Lutim juga memberi penguatan dan dukungan kepada ibu Rafael serta keluarga dalam hal psikososial dan ekonomi.


Turut mendampingi, Camat Malili beserta KetuaTP PKK Kecamatan Malili, Kelurahan Malili, Perangkat Desa Ussu, Dinas Sosial P3A, dan TP PKK Kabupaten Lutim. (hel/ikp-humas/kominfo-sp)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama