Channel Pers

Data Unesco Setiap Dua Minggu Satu Bahasa di Dunia Punah



Channelpers.com -Data dari Unesco mengungkapkan bahwa setiap dua minggu satu bahasa di dunia punah.


Demi menangkal hal ini, Komisi X DPR RI mendorong agar kelestarian bahasa daerah di Indonesia digalakkan. Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf mengatakan, perlu kolaborasi antara pemerintah pusat dengan berbagai pemerintah daerah untuk menjalankannya.


"Jadi menurut saya memang harus ada kolaborasi, kolaborasinya tentu dari Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Itu harus punya kesepakatan bersama-sama bagaimana menjaga bahasa-bahasa ibunya," ucapnya usai Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR RI Ke kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Kamis (21/03/2024).


Dede mengungkapkan, tidak semua daerah di Indonesia memiliki regulasi demi menjaga kelestarian bahasa daerahnya. Bahkan meski ada daerah yang sudah memiliki Perda, tapi masih kurang dukungan anggarannya.


Contohnya saja kata dia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki Badan Bahasa. Namun nyatanya, anggaran untuk badan tersebut kata Dede tidak bisa mengcover seluruh kebutuhan pengembangan dan pelestarian bahasa. 



(Dikutip dari DPR RI)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama