Channel Pers

Panwascam Kalaena Membuka Pendaftaran PTPS Mulai 12-28 September 2024



Channelpers.com , Luwu Timur -Dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) 2024 , Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Kalaena membuka penerimaan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada tanggal 12 hingga 28 September 2024. Kalaena 26/092024


"Penerimaan ini dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia, dengan target rekrutmen ribuan PTPS yang akan bertugas di tiap TPS pada hari pemungutan suara mendatang dan Kami telah membuka penerimaan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada tanggal 12 hingga 28 September 2024." Ungkap M.Sulaiman


Ketua Panwasca M. Sulaiman menyatakan bahwa proses seleksi PTPS ini merupakan salah satu langkah krusial untuk memastikan bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 berlangsung secara adil, jujur, dan transparan.


 "Kami membutuhkan personil yang berdedikasi tinggi untuk memastikan setiap tahapan pemungutan suara diawasi dengan baik dan berjalan sesuai aturan," ujarnya.





Pendaftaran dilakukan secara langsung dengan cara mendatangi sekretariat Panwascam Kalaena ataupun daring melalui situs resmi Bawaslu dan kantor-kantor Bawaslu di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Para calon PTPS harus memenuhi beberapa persyaratan, antaranya:


1. Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 25 tahun.
2. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik.
3. Tidak pernah terlibat dalam tindak pidana yang berkekuatan hukum tetap.
4. Memiliki integritas, profesionalitas, dan independensi.


Setelah masa pendaftaran dan proses seleksi administrasi berakhir selanjutnya di lakukan tes wawancara guna menjaring calon PTPS yang memenuhi kriteria. Mereka yang lolos akan mendapatkan pelatihan dan bimbingan teknis sebelum menjalankan tugas pengawasan pada hari pemungutan suara.


Diharapkan, dengan hadirnya PTPS di setiap TPS, potensi kecurangan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara bisa diminimalisasi.

Lap: Muh. Faizi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama