Channel Pers

Untuk Meningkatkan Pengawasan Partisipatif Pada Pilkada 2024 Panwascam Malili Gandeng Ketua PKK Desa



Malili,Channelpers.com.Panwaslu Kecamatan Malili ( Panwascam ) melakukan kegiatan Sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dengan tema 'pemilih perempuan siap wujudkan Pilkada damai,demokratis dan bermartabat'.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di warkop brothers desa Wewangriu dengan menghadirkan ketua PKK se kecamatan Malili, tokoh perempuan serta menghadirkan narasumber ( pegiat Pemilu ) dari kota Palopo.

Pertemuan yang melibatkan perempuan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Panwascam Malili untuk melibatkan kaum wanita dalam pengawasan partisipatif proses jalannya Pilkada 2024 di kabupaten Luwu Timur.

"Kita tahu bersama bahwa saat ini sudah memasuki tahapan pendaftaran calon dan tidak lama lagi akan memasuki masa kampanye sehingga kami mengundang ibu-ibu PKK desa untuk hadir disosialisasi ini agar bisa menjadi mitra kami dalam.pengawasan,".Ujar Iro selaku ketua Panwascam Malili.

Dikatakan bahwa peran ibu PKK tentu sangat membantu sehingga diharapkan agar bisa membantu jajaran Bawaslu khususnya di panwascam Malili melalui pengawasan partisipatif.

"Contohnya apabila ibu-ibu menemukan dugaan pelanggaran di lapangan (desa) bisa melaporkan kepada kami atau melalui jajaran seperti Pengawas Kelurahan Desa (PKD) di desa masing-masing,".Tutup Iro.

Sementara itu anggota Bawaslu kabupaten Luwu Timur, Sulkifli selaku Kordiv HPPH juga mengajak kepada seluruh ketua PKK yang hadir untuk melakukan pengawasan partisipatif pada Pilkada 2024 khususnya di kabupaten Luwu Timur.

"Kehadiran ibu-ibu sekalian membuktikan bahwa kita mau Pilkada ini bisa terlaksana dengan lancar, aman, luber dan jurdil serta membuktikan bahwa bagi Bawaslu, tidak ada perbedaan gender antara perempuan dan laki-laki ,"Ujarnya.

Dirinya juga berharap agar ibu-ibu setelah menerima materi agar mendistribusikan atau menginplentasikan dimasyarakat khususnya di desa masing-masing tentang pentingnya pengawasan partisipatif.

"Jadi saya harap kita bisa lakukan di desa ta masing-masing kalau belum bisa di desa ta setidaknya kita aplikasikan ke diri pribadi dan keluarga terdekat,"Tutup Sulkifli.

(is/ch)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama