Channel Pers

Debat Perdana, Budiman-Akbar Tampil dengan Kenakan Batik Khas Luwu Timur Singkerru Simulajaji



Channelpers.com , MAKASSAR- Pasangan calon nomor urut 2 Budiman dan Mochammad Akbar Andi Leluasa tampil pada debat perdana calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur dengan mengenakan setelan baju batik dan celana hitam.

Debat calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur ini dilaksanakan di Hotel Dalton Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (26/10/2024) malam. 

Batik yang dikenakan pasangan Budiman-Akbar merupakan batik khas Luwu Timur yakni, Singkerru Simulajaji.

Batik Singkerru Simulajaji merupakan satu dari tiga batik khas Luwu Timur yang telah mendapatkan Hak cipta dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham RI).

Tiga motif khas batik asal Kabupaten Luwu Timur, masing-masing Batik Singkerru Simulajaji, Bunga Waru dan Panji Goncingge.

Ketiga motif batik itu diciptakan oleh Musly Anwar, budayawan tana Luwu sekaligus owner Kadake.

Batik ini sesuai dengan konstruksi sejarah bahwa Luwu Timur adalah awal peradaban di Tana Luwu, sesuai dengan semboyanby Bumi Batara Guru. 

Motif batik Singkerru Simulajaji sangat sarat akan sarat makna. Motifnya menggambarkan hubungan antara manusia dan penciptanya.

Ini merupakan salah satu komitmen pasangan Budiman-Akbar untuk tetap menjaga dan merawat kearifan lokal yang ada di Kabupaten Luwu Timur.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama