Channel Pers

Rakor di Mangkutana dan Kalaena, Jayadi Nas Paparkan Penanganan Percepatan Penurunan Stunting



Channelpers.com , Luwu Timur -Pjs. Bupati Luwu Timur, Dr. Jayadi Nas memaparkan langsung penanganan percepatan penurunan stunting pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) dan Silahturahmi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Mangkutana, di Aula Kantor Camat Mangkutana, Kamis (24/10/2024).

Dalam paparannya, Pjs. Bupati Luwu Timur menyampaikan berbagai strategi untuk menuntaskan stunting di Kabupaten Luwu Timur salah satunya yakni melakukan gerakan intervensi secara serentak.

Tujuan pelaksanaan gerakan intervensi serentak pencegahan stunting, kata Pjs. Bupati, yakni mendeteksi dini masalah gizi, memberikan edukasi pencegahan stunting kepada seluruh sasaran dan melakukan intervensi segera bagi sasaran yang memiliki masalah gizi serta meningkatkan kunjungan cakupan sasaran ke Posyandu.

Menurutnya, gerakan intervensi serentak pencegahan stunting ini wajib diikuti oleh semua calon pengantin, ibu hamil, bayi dan balita yang ada di seluruh Kabupaten Luwu Timur.

"Dengan gerakan intervensi, nantinya akan dilakukan penimbangan Berat Badan, Pengukuran Lingkar Lengan dan Lingkar Kepala, serta Tinggi Badan dan akan dilanjutkan intervensi sesuai dengan Tata laksana kasus yang ditemui," imbuhnya.

"Harapan kita semua, dengan adanya kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang stunting dan upaya-upaya pencegahannya pun semakin berjalan di masyarakat," tambah Jayadi Nas.

Ia juga menegaskan bahwa, kerja sama dan koordinasi semua stakeholder adalah kunci terbesar dari keberhasilan penanganan stunting.

“Tanpa keterlibatan semua pihak termasuk Forkopimda dan para kader, maka program yang dijalankan tidak akan mencapai batas maksimal, untuk itu, saya mengajak kepada semua pihak terkait untuk senantiasa bergandengan tangan dan terus berkolaborasi dalam mensukseskan pencegahan stunting ini karena akan memberikan dampak yang baik bagi anak-anak generasi muda Indonesia yang sehat dan cerdas di masa yang akan datang,” pungkas Pjs. Bupati.

Selain pemaparan dari Pjs. Bupati, pemaparan juga turut disampaikan Kepala Bapelitbangda Lutim, Dohri As'ari yang juga selaku Wakil Ketua I Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Lutim, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Aini Endis Anrika yang juga sebagai Plt. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) dan Kadis Kesehatan, dr. Adnan. D. Kasim, Kepala Badan Kesbangpol, Guntur Hafid dan Kabag Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Luwu Timur, I Ketut Riawan Budiarta.

Pada rakor forkopimcam tersebut, selain membahas penanganan stunting juga membahas pencegahan inflasi dan kelancaran pelaksanaan Pilkada.

Usai melakukan Rakor dengan Forkopimcam Mangkutana, Pjs. Bupati Luwu Timur, Dr. Jayadi Nas dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Kecamatan Kalaena dengan agenda yang sama. (op/prokopim/ikp-humas/kominfo-sp)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama